Kamis, 06 Desember 2012

Macam-Macam Motherboard,RAM,HDD

Macam-Macam Motherboard


http://1.bp.blogspot.com/_yc4ysWFuXkI/TGCpAEISumI/AAAAAAAAAE8/rGSY8xNFPbc/s1600/pentium4Motherboard.gif




http://2.bp.blogspot.com/_yc4ysWFuXkI/TGCo_tj19qI/AAAAAAAAAE0/_S6xVrMmlX4/s1600/motherboard11.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_yc4ysWFuXkI/TGCo_FYRmWI/AAAAAAAAAEs/e4c0zgIxrio/s1600/Motherboard1.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_yc4ysWFuXkI/TGCo-8Xh2XI/AAAAAAAAAEk/Qt5rCxcjIUw/s1600/motherboard+12.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_yc4ysWFuXkI/TGCo-lqGTdI/AAAAAAAAAEc/YpLuqfZU-X4/s1600/motherboard+2.jpg



KOMPONEN KOMPUTER ( MOTHERBOARD )

Pada artikel kali ini saya akan membahas komponen-komponen yang ada pada komputer satu persatu secara mendetail. yang partama Mainboard, kemudian pada artikel berikutnya yaitu HardDisk, Prosessor, CD/DVD ROM, RAM, PSU, VGA, LAN Card, Sound Card, dll


http://1.bp.blogspot.com/_ZD0OjeNXJM0/TC4aHOEA_RI/AAAAAAAADJw/FZXHa-5t4Sg/s1600/motherboards.jpg

Motherboard merupakan salah satu bagian utama dari sebuah computer karena motherboard membangun sebuah computer (PC). Oleh karena itu, jika kita ingin membeli motherboard kita harus pandai-pandai dalam memilihnya karena sebuah motherboard akan berkaitan dengan komponen-komponen pendukung lainnya. Seperti prosesor, apa socket prosesor setipe dengan prosesor yang kita inginkan. RAM, apakah slot RAM yang ada pada motherboard sesuai dengan RAM yang akan kita beli, karena sekarang ini RAM terbagi menjadi 4 jenis yaitu SDR, DDR1, DDR2, dan DDR3, tetapi pada tipe SDR dan DDR1 sudah tidak diproduksi lagi karena tipe tersebut sudah jarang digunakan pada motherboard pada jaman sekarang. Harddisk apakah motherboard yang anda beli menggunakan kabel data IDE atau SATA, tetapi biasanya dalam satu motherboard terdapat kedua kabel data tersebut. VGA card, apakah motherboard yang akan anda beli menggunakan socket AGP atau PCExpres.
http://1.bp.blogspot.com/_v0Qi0yyoXZk/TNFW_uxHrPI/AAAAAAAAAKo/IUvWiV__szo/s1600/asusm2n32_motherboard_rearpanel.jpg
Port-port mainboard lengkap, biasanya pada tipe mainboard terbaru dan sudah onboard(sudah terpasang Sound, VGA, LAN dll)
http://2.bp.blogspot.com/_v0Qi0yyoXZk/TNFZBl0V0DI/AAAAAAAAAKs/4m6xmjCFFew/s1600/mainboard1.jpg
1. Socet Prosessor
2. Socet RAM
3. Socet VGA (pada tipe mainboard tertentu sudah ada VGA/sudah onboard VGAnya)
4. Socet
5. Socet PCI (digunakan untuk Sound Card, LAN Card, USB Card )
6. Port PSU(Power Supply)
7. Socet Flopy Disk
8. Soket ATA (untuk Harddisk  tipe ATA)




Macam -Macam RAM (RANDOM ACCES MEMORY )

      TIPE-TPE RAM ( random acces memory )

RAM adalah Random access memory (RAM) adalah penyimpanan sementara untuk data dan program yang sedang diakses oleh CPU. RAM adalah memori volatile, yang berarti bahwa isinya akan terhapus saat komputer dimatikan. Semakin banyak RAM di komputer, semakin banyak komputer memiliki kapasitas untuk menampung dan memproses program dan file yang besar, serta meningkatkan kinerja sistem.



Beberapa tipe dari RAM adalah :

1. DRAM : Dynamic RAM merupakan memory chip yang digunakan pada memory utama komputer. DRAM memiliki karakter harus terus-menerus direfresh dengan pulsa listrik untuk mempertahankan data yang disimpan dalam chip.

2. SRAM : Static RAM merupakan chip yang digunakan sebagai memori cache. SRAM jauh lebih cepat daripada DRAM dan tidak perlu sering-refresh.

3. FPM Memory : Fast Page Mode DRAM merupakan memory sedikit lebih cepat daripada DRAM konvensional. Sementara DRAM standar mengharuskan baris dan kolom yang akan dikirim untuk setiap akses, FPM bekerja dengan mengirimkan alamat baris hanya sekali bagi banyak akses ke memori di lokasi dekat satu sama lain, meningkatkan waktu akses. FPM memori sendiri adalah versi perbaikan dari pendahulunya, yang sudah sangat jarang digunakan saat ini.





4. EDO Memory : Extended Data Out RAM ini merupakan Jenis memori yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara simultan. Jenis memori ini banyak menggantikan primary memori yang ada pada PC terdahulu yaitu FPM (Fast Page Memory) RAM.





5. SDRAM : Synchronous DRAM adalah DRAM yang mampu beroperasi secara sinkronisasi dengan bus memori. Modul memory dengan clock speed yang lebih tingi daripada SIMM atau EDO. Biasa dipergunakan pada processor-processor generasi terbaru. Modul ini biasa dijual dengan spesifikasi bus clock tertentu, misalnya 32MB/133Mhz, artinya SDRAM dg kapasitas sebesar 32MB yg bekerja pd clock 133Mhz. Bus clock yang tinggi digunakan apabila SDRAM dipasang pada PC dengan processor generasi baru yang bekerja juga pada clock yang tinggi, namun tidak berpengaruh pada mesin dengan processor generasi lama dengan clock yang rendah. SDRAM dikemas dalam modul 172 pin.






6. DDR : Double Data Rate RAM adalah memori yang dapat mentransfer data dua kali lebih cepat dibandingkan SDRAM. DDR mampu meningkatkan performa dengan mentransfer data dua kali per siklus.






7. DDR2: Double Data Rate 2 adalah lebih cepat daripada memori DDR. DDR2 meningkatkan kinerja dari DDR dengan mengurangi kebisingan dan crosstalk antara kabel sinyal.

8. RDRAM : RAMBus DRAM adalah chip memori yang dikembangkan untuk berkomunikasi pada tingkat yang sangat tinggi kecepatan. Chip RDRAM tidak umum digunakan.

 Macam -Macam Harddisk 

 

Macam-macam Jenis Hard Disk

           Setelah sekian lama gak bikin postingan, akhirnya bikin juga.haha. Jadi gini gan, Hard Disk atau Disk Keras (apaan tuh Disk Keras??? Gak jebo) adalah sebuah media yang digunakan untuk menyimpan file sistem dan data di dalam komputer. Itu pengertiannya. Hard Disk memiliki 3 bagian yaitu Kepala, Badan , Kaki ….. BUKAN….!!!! Header, Body, Footer….. SAMA AJAH…..!!!!!,, Piringan magnetik, bagian mekanis, serta head untuk membaca data. NAH BARU BETUL…. ^_^  ,BERCANDA !
          
          Jenis hard disk bermacam-macam, seperti kue di pasar…(jadi laper…), tergantung pada kategori yang digunakan. Misalnya, berdasarkan jenis interface-nya, tingkat kecepatan transfer data, serta kapasitas penyimpanan data. Jenis interface yang terdapat pada hard disk bermacam-macam, yaitu ATA (orang biasa sebuat IDE (Integrated Drive Electronics), padahal IDE adalah nama PORT untuk device yang memiliki pemutar magnetic. Jadi jangan salah lagi yah membedakan IDE dan ATA ^_^ ), Serial ATA (SATA), SCSI (Small Computer System Interface), SAS, IEEE 1394, USB, dan Fibre Channel. Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data. Misalnya, hard disk SCSI memiliki kecepatan transfer ± 5 MHz, artinya mampu melakuan transfer data hingga 5 Mb per detik. Di antara sekian banyak jenis interface, hanya tiga jenis hard disk yang sering digunakan, yaitu ATA, SATA, dan SCSI.


ATA (Advance Technology Attachment)

          Suatu jenis antarmuka (interface, jelek banget yah klo di arti-in ke B.Indonesia… masa antarmuka memang mau ciuman…. kidd) untuk menghubungkan peranti (<< perangkat maksudnya atau bahasa kerennya Device) seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM (ketiganya tidak termaksud baterai (memangnya tamiya….!)) Standard ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13. ATA ini awalnya adalah PC/AT Attachment. Fitur utamanya adalah bias mengakomodasi koneksi langsung ke ISA BUS 16-bit sehingga dinamai AT Bus. ATA juga memiliki nama lain yaitu ATAPI. Karena muncul sebuah teknologi baru bernama SATA, versi ATA ini kemudian dinamai Paralel ATA (PATA) untuk membedakan.

ATA terbagi juga atas beberapa kabel data. Yaitu : Kabel ATA PC 66, Kabel ATA PC 100, dan Kabel ATA PC 133. Angka2 tersebut merupakan kecepatan transfer sebuah kabel per Mbps.


SATA (Serial ATA)

          Serial ATA merupakan perngembangan terbaru dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi terbaru yang didesain untuk menggantikan ATA. Kecepatan transfer lebih tinggi daripada ATA. Di awal periode SATA, para pembuat adapter dan drive menggunakan bridge chip untuk mengonversi desain yang ada dengan antarmuka PATA. Peranti bridge memiliki konektor SATA dan memiliki beberapa konektor daya. Secara perlahan-lahan, produk bridge mengakomodasi native SATA. Beberapa fitur SATA :
  • SATA menggunakan line 4 sinyal yang memungkinkan kabel yang lebih ringkas dan murah dibandingkan dengan PATA.
  • SATA mengakomodasi fitur baru seperti hot-swapping dan native command queuing.
  • Drive SATA bisa ditancapkan ke kontroler Serial Attached SCSI (SAS) sehingga bisa berkomunikasi dengan kabel fisik yang sama seperti disk asli SAS, namun disk SAS tidak bisa ditancapkan ke kontroler SATA.
  • Kabel power dan kabel SATA mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan kabel Parallel ATA.
  • Kabel data SATA menggunakan 7 konduktor di mana 4 di antaranya adalah line aktif untuk data. Oleh karena bentuknya lebih kecil, kabel SATA lebih mudah digunakan di ruangan yang lebih sempit dan lebih efisien untuk pendinginan.
Untuk sekarang, SATA terbagi menjadi 3 yaitu : SATA 1, SATA 2, SATA 3.


SATA 1

          SATA 1 merupakan generasi pertama SATA. SATA 1 bisa disebut juga SATA/150. SATA ini berkomunikasi dengan kecepatan 1,5 GB/s. Kecepatan transfer uncoded 1,2 GB/s. SATA memiliki Native Command Queuring yang menybabkan memiliki kecepatan lebih dan kemampuan untuk melakukan bekerja di lingkungan multitask.


SATA 2 

SATA 2 merupakan generasi ke-2 SATA, dan berkomunikasi dengan kecepatan 3 GB/s.


SATA 3

SATA 3(THE THIRD GENERATION), tau kan apah maksudnya… ^_^. Berkomunikasi pada kecepatan 6 GB/s. (kayanya masih dalam tahap ujicoba. Coz gw lum pernah liad barangnya. Eh.. kayanya udah ada deh di majalah . tapi di mana yah?? Tar gw cari deh.)

SCSI (Small Computer System Interfaces)

          SCSI awalnya bernama SASI ( Shugart Associate System Interface ) adalah perangkat standard ANSI untuk menghubungkan device ke sistem komputer. SCSI sama seperti hard yaitu tempat menyimpan data. Umumnya SCSI adalah teknologi paralel, tetapi banyak varian SCSI serial yang sudah beredar di pasaran, seperti FireWare dan Fibre Channel.
      SCSI biasa digunakan pada komputer server karena kemampuanya yang cepat dan kemampuan multitasking yang baik. SCSI berputar lebih cepat dari pada Hardisk ATA, SCSI berputar sekitar 7200 sampai 10000 rpm, dan teknologi sekarang SCSI mampu berputar hingga 15000 rpm. Hardisk SCSI terdiri dari beberapa tipe seperti SCSI-1, SCSI-2, Ultra2 SCSI, dan Ultra3 SCSI.

SCSI-1
memiliki dua macam kecepatan yaitu :
3.5 MB/detik atau 5 MB/detik, keduanya bekerja secara asinkron. Panjang kabelnya dapat mencapai 6 meter (kaga kebayang betapa ribetnya klo lagi maintenance server).

SCSI versi 2 diluncurkan pada tahun 1989. SCSI versi 2 ini ada 2 varian yaitu :
1. Fast SCSI : memiliki kecepatan 10 MB/detik, 8 bit bus width
2. Wide SCSI : memiliki kecepatan 20 MB/detik, 16 bit bus width

SCSI versi 3 muncul dengan 2 varian yaitu :
1. Ultra SCSI menggunakan bus width 8 bit
2. Ultra Wide SCSI menggunakan bus width 16 bit
Kedua varian ini memiliki 2x lebih cepat dari versi sebelumnya.
Tetapi versi ini belum stabil.


Ultra-2 SCSI

Versi ini diluncurkan pada tahun 1997 dengan fitur LVD ( Low Voltage Differential ) dan stabil. Versi ini memiliki 2 varian yaitu :
1. Ultra2 SCSI memiliki kecepatan 40MB/detik dengan bus width tetap 8 bit
2. Ultra2 Wide SCSI memiliki kecepatan 80MB/detik dengan bus width nya 16 bit
Keduanya mampu menggunakan kabel sampai dengan 12 Meter.

Ultra-3 SCSI

Pada versi ini menambahkan fitur CRC (Cylic Redudancy Check) error checking. Ultra-3 disebut juga Ultra-160 karena kecepatan Ultra-3 memang 160 MB/detik. Ultra-3 SCSI juga menawarkan pin SCSI yg lebih variatif.
SCSI dapat dijalankan sampai 1 juta jam sedangkan hard disk ATA hanya 500.000 jam. 

SCSI merupakan alternatif IDE high-end. Satu buah kontroler IDE dapat mengontrol sebanyak delapan atau 16 drive. Biasanya kabel SCSI lebih besar dan lebih panjang dari pada kabel ATA.

SAS (Serial Attached SCSI)

          SAS ini biasa digunakan pada komputer server (klo untuk di komputer PC SAS merupakan SATA-nya server). SAS didesain untuk memindahkan data dari dan ke media pengyimpanan pada komputer seperti hard drive dan tape drive (Floopy Disk bukan singkong fermentasi yang bisa muter). SAS merupakan serial protokol point to point yang menggantikan bus SCSI paralel yang muncul pertama kali pada pertengahan 1980-an ,dan menggunakan SCSI standard. Saat ini, SAS lebih rendah dibandingkan dengan implementasi SCSI paralel, tetapi di masa yang akan datang SAS akan digandakan hingga mencapai kecepatan 6 GB/s, sehingga memungkinkan banyak transfer data dengan kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan yang sudah ada.

          Protokal SAS dikembangkan oleh komite teknik T10 International Committee For Information Technology Standards (INCITS) dan dipromosikan oleh SCSI Trade Association (SCSITA).
SAS ini memiliki kecepatan perputaran disk sebesar 10000-15000 RPM(coba saat muter jari anda berada di pinggiran disk, pasti bau darah.... haha kiddd (jangan di coba dirumah yah ...), lebih besar bukan dibandingkan yang dipakai pada komputer personal biasa (5300-7500 RPM).

Hard Disk Back Planes

          Backplane adalah papan sirkuit yang menghubungkan beberapa konektor secara paralel, sehingga masing-masing pin dalam tiap konektor itu dihubungkan ke pin yang sama pada konektor yang lain, dan menjadi bus. Sistem komputer yang dihubungkan pendekatan seperti ini disebut dengan bus S-1000 karena memiliki 100 pin. 

          Pada sistem dengan kabel, kabel harus dibengkokkan saat ingin menambah atau mengurangi kartu dalam sistem, dan pembengkokkan ini dapat menyebabkan kerusakan mekanis. Namun, backplane tidak terpengaruh dengan hal lain,sehingga backplane memiliki lifetime yang lama. Sebagai contoh,konektor DIN 41612 yang digunakan pada sistem VME bus dapat bertahan selama 50-500 pemasangan dan pencabutan tergantung kualitasnya.


          Backplane dapat digunakan tanpa menggunakan single board komputer untuk menyederhanakan penambahan daya pada kartu plug-in. Sebagai tambahan, banyak kabel ekspansi bus yang membuat bus komputer menjadi backplane eksternal, biasanya terletak pada enclosure, untuk membedakan slot-slot pada komputer itu. Perangkat kabel ini memiliki transmitter pada komputer, papan ekspansi pada backplane jarak jauh, dan kabel diantara keduanya. Kabel ekspansi bus tidak membutuhkan single board komputer pada bus untuk mengontrol kartu I/O yang disebabkan oleh ekspansi listrik.

 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar